jawab soal
1. Dalam menetapkan harga
produk baru, usahakan menentukan harga
yang dapat menarik minat pasar. Jelaskan bagaimana cara yang dapat digunakan
dalam menetapkan harga produk barudan berikan contohnya!
Stretegi Penentuan
Harga Pada Produk Baru
1. Skimming Price
Strategi skimming
adalah menetapkan harga awal yang tinggi ketika produk baru diluncurkan dan
semakin lama akan terus turun harganya. Contoh smart phon, laptop,.. seperti
harga samsung s4 pertama kali muncul dibandrol 6juta sekarang sudah 4juta,
tujuannya agar penggemar update hp dengan kantong tebal membeli produk
prestisius, setelah mencapai konsunen menengah atas, harga diturunkan untuk
mencapai konsumen menengah bawah
2. Penetration Price /
Harga Penetrasi
Strategi harga
penetrasi adalah menentukan harga awal yang rendah serendah-rendahnya atau
murah dengan tujuan untuk penetrasi pasar dengan cepat dan juga membangun
loyalitas merek dari pada konsumen. Contoh : tarif layanan operator baru three
/ 3 yng langsung nenetapkan harga sangat murah
2.
Jelaskan
pula bagaimana menentukan strategi penentuan harga yang kompetitif!
Stretegi Penentuan Harga Kompetitif
1. Relative Pricing / Harga Relatif
Strategi harga relative price adalah
menentukan harga di atas, di bawah atau sama dengan tingkat harga persaingan di
mana gerakan harganya mengikuti gerakan pesaing.
2. Follow The Leader Pricing
Strategi harga follow the leader
price adalah penetapan harga produk baik barang maupun jasa diserahkan para
pimpinan pasar / penimpin pasar dan tidak menetapkan harga sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar